Tuesday, November 07, 2006

Tommy dan Dagelan Hukum Indonesia

Lama neh gak nulis seputar dunia politik ato mungkin politik kampus. Hmm...au...ah gelap tapi ada segelintir uraian yg ingin aku sampaikan seputar bebasnya terpidana Tommy Soeharto. Hmm...rumit...ah gak juga...dari awal saya udah menduga, tapi bukan berarti saya berburuk sangka, sejak semula kasus Tommy merupakan kasus yg sangat spesial...dituntut karena kasus tukar guling dengan penyertaan pembunuhan berencana terhadap Hakim yg menangani kasus Tommy sendiri.

Kita harus bisa mencermati kasus Tommy sebagai suatu perkara pidana yg memiliki keunikan tersendiri. Jaksa pada waktu itu menuntut Tommy dengan pidana 15 tahun penjara akan tetapi putusan Hakim 10 tahun penjara. Hmm...Sungguh aneh, seseorang yg didakwakan malakukan pembunuhan berencana hanya diganjar 10 tahun penjara. Hmm...yah...itulah Indonesia, atau mungkin ada dagelan hukum pada kasus Tommy. Lebih anehnya lage, Tommy mendapatkan fasilitas "APARTEMENT" di penjara. Keistimewaan yg laennya adalah ketika Tommy baru menjalani 5 tahun dan akhirnya bs bebas bersyarat. Perlu kita ketahui bahwa total grasi yg diterima Tommy Lebih dari 3 Tahun. Karena alasan telah menjalani 2/3 masa tahanan maka Tommy bs dibebaskan secara bersyarat.

Inikah potret penegakan hukum di Indonesia? Inikah cermin masyarakat Indonesia?
Sedih menggelayuti pemikiran dan idealisme saya sebagai mahasiswa Hukum. Apakah saya bisa berjuang mempertahankan idealisme dan menegakkan hukum sebagaimana mestinya. Iniah yg kadang2 sering menjadi suatu pergolakan pemikiran saya terhadap masa depan penegakan hukum di Indonesia. Mampukah saya bertahan di tengah tengah arus dagelan Hukum.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home